Jumat, 21 Januari 2011

Kiat-kiat Belanja Online Yang Aman

Internet saat ini tidak hanya digunakan sebagai sarana mencari informasi dan komunikasi saja. Lebih dari itu, perkembangan internet saat ini banyak dimanfaatkan banyak orang sebagai sarana untuk jual beli, atau yang sering kita dengar dengan sebutan belanja online.

Bagi para penggemar belanja atau bagi mereka yang punya tingkat kesibukan tinggi, adanya sarana belanja online ini bisa sangat membantu mereka.

Namun demikian, anda harus tetap berhati-hati dalam bertransaksi online, jangan sampai anda tertipu oleh para penjual produk online di internet.


Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada anda, saya akan sharing kiat-kiat belanja online yang aman berikut ini :

1. Anda harus cari penjual atau halaman online yang mencantumkan lokasi alamat dan info lainnya dengan jelas, sehingga anda bisa memastikan reliabilitasnya.

2. Setiap transaksi online pasti ada term dan kondisi yang mesti anda pahami. Pelajari dengan seksama kebijaksanaan dan peraturan jual belinya seperti syarat pengembalian uang jika barang tidak anda terima dalam waktu yang telah ditentukan.

3. Jangan pernah memberikan password ATM, email atau password internet lainnya. Hindari membuat password dengan tanggal lahir, nomor rumah atau nomor yang ada di KTP anda. Sebaiknya pakai alamat email baru khusus untuk belanja online.

4. Jika anda membayar dengan kartu kredit atau debit, maka Fair Credit Billing Act akan melindungi transaksi anda. Jadi, sebaiknya kirim nomor kartu kredit atau debit tersebut melalui telpon atau fax ke perusahaan tersebut.

5. Hal terpenting dari transaksi online ini adalah anda harus memilih halaman belanja online yang reputasinya sudah dikenal baik, sehingga anda jauh dari kasus penipuan.

Demikian kiat belanja online yang aman, mungkin ada banyak lagi kiat atau tips aman belanja online berdasarkan pengalaman dari anda yang biasa berbelanja online. Anda bisa share disini melalui komentar anda. Semoga bermanfaat.

Selamat berbelanja online, semoga menyenangkan dan anda dijauhkan dari penipuan.


(Sumber : http://www.taktiku.com/, http://www.vivanews.com/ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar