Rabu, 02 Februari 2011

Kiat Merawat Mobil di Musim Hujan

Saat ini cuaca sudah mulai tidak menentu, pagi terang benderang namun menjelang malam hujan dapat turun tiba-tiba. Apalagi kalo sudah masuk musim hujan, tiada hari tanpa hujan, bahkan bisa seharian hujan tak kunjung usai.

Bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor, terutama mobil maka bersiaplah untuk hal terburuk yang akan terjadi pada mobil anda jika anda kurang memperhatikan perawatan mobil anda terutama bila musim penghujan tiba.


Agar hal-hal buruk tersebut tidak terjadi pada anda dan mobil anda, berikut ini beberapa kiat merawat mobil dimusim hujan :

1. Jangan malas untuk mencuci mobil.
Saat musim hujan tiba, terkadang membuat sebagian orang malas untuk membersihkan atau mencuci mobil karena mereka berpikir "ach, nanti juga kotor lagi..". Itu adalah pendapat yang keliru, karena air hujan yang mengandung butiran halus jika dibiarkan dan tidak cepat dibersihkan akan dapat menimbulkan karat. Jadi, cucilah mobil dengan air bersih setelah mobil anda mandi hujan. Terutama bagian bawah mobil yang banyak terkena lumpur. Anda bisa menggunakan shampoo yang memiliki kadar busa rendah untuk membersihkannya. Jika tidak terlalu kotor, cukup dengan air bersih saja. Kemudian jangan lupa untuk mengelapnya hingga kering.

2. Periksa Rem
Rem merupakan komponen yang sangat vital bagi keselamatan anda berkendara. Apalagi disaat musim hujan yang membuat jalanan menjadi licin, maka rem sangat berguna untuk mengatur dan menghentikan kendaraan disaat sulit dikendalikan. Untuk itu lakukanlah perawatan secara rutin dengan pemeriksaan kampas, cakram dan minyak rem. Gantilah kampas rem yang sudah menipis dengan yang baru.

3. Periksa fungsi wiper
Ketika anda melaju dengan mobil anda menerobos derasnya hujan yang turun, hampir mustahil anda bisa melakukan itu tanpa bantuan wiper yang bekerja dengan baik di mobil anda. Untuk itu periksa kondisi wiper di mobil anda, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika wiper sudah menunjukkan gejala macet dan lambat, segera periksa sistem kelistrikan pada mobil anda. Biasanya kerusakan disebabkan aliran listrik yang putus, hubungan roda gigi yang putus, sekering putus, atau kerusakan motor listrik.

4. Periksa sistem pembakaran
Periksalah sistem pembakaran seperti tangki bahan bakar, saluran bahan bakar, saringan bahan bakar, apakah masih layak pakai atau tidak. Cek dengan rutin agar tidak terjadi kebocoran bahan bakar minyak.

Demikian beberapa kiat merawat mobil anda di saat musim hujan tiba, semoga bermanfaat.

Jika anda kurang ahli atau tidak tahu cara melakukan pengecekkan hal-hal tersebut diatas, sebaiknya anda menghubungi bengkel langganan anda terdekat agar tidak menimbulkan masalah baru pada mobil anda.


Sumber : gudangmobil.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar